"Kebenaran itu adalah dari Tuhanmu, sebab itu jangan sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu"
-QS. Al-Baqarah [2] : 147-

Kamis, 22 Maret 2012

PROPOSAL PENGEMBANGAN MASJID & MADRASAH AL-HIDAYAH BANDUNG

A. LATAR BELAKANG
“Kitab Al-Quran ini tidak ada keraguan padanya : petunjuk bagi mereka yang bertaqwa, yaitu mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat dan menginfakkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka”  (QS-Al Baqoroh, 1-2)

“Dan diantara orang-orang Arab Badui itu ada yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang diinfakkannya (di jalan Allah SWT ) sebagai jalan mendekatkan diri kepada Allah dan sebagai jalan untuk memperoleh doa Rosul, Ketahuilah, sesungguhnya infak itu suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat (surga)-Nya; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang“. (QS. At-Taubah, 99)

Ilmu pengetahuan dan pemikiran merupakan dua unsur penting untuk membentuk sebuah pribadi yang benar-benar muslim. Islam mewajibkan memahami dan mengamalkannya, karena dengan pengetahuan bisa diketahui bahwa Islam adalah agama yang baik dan benar.

Dalam upaya membangun aqidah muslim yang baik dan benar, Al-Qur’an telah memberi petunjuk betapa pentingnya sarana dan prasarana yang harus dimiliki oleh suatu penyelenggara/organisasi da’wah dan pendidikan supaya dalam menjalankan aktivitasnya terasa khusu, aman, dan tertib, sehingga diharapkan menghasilkan dakwah dan pendidikan  kualitas yang baik.
Seiring dengan berjalannya waktu, Qoyyim Masjid dan Madrasah Al-Hidayah senantiasa berusaha untuk memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada  dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan yang terbaik. Hal ini semata-mata guna melayani kebutuhan kaum muslim umumnya, khususnya yang berdekatan dengan masjid.

Oleh karenanya sangat dirasakan adanya beberapa masalah yang masih ada, diantaranya: kurangnya fasilitas yang dimiliki, sehingga penyelenggaraan dan pelayanan terhadap kebutuhan kaum muslimin pada umumnya masih kurang maksimal.

Idealnya sarana pendidikan memang harus sudah tersedia dan lengkap, sehingga seiring dan sejalan dengan kegiatan keagamaan yang bersifat tentatif dan kegiatan keagamaan yang bersifat rutinitas, terjadi sinergi yang effisien.

Berkaitan dengan problem di atas, Qoyyim Masjid dan Madrasah Al-Hidayah mempunyai  program kerja jangka pendek dan program kerja jangka panjang yang akan diusahakan sebagai realisasi keinginan dan hasrat yang harus terwujud dalam waktu dekat.
B. TUJUAN
1. Tujuan program jangka pendek
Membeli/membebaskan tanah seluas kurang lebih 1.700 m2 yang berada disamping  Masjid dan Madrasah Al-Hidayah yang menurut informasi sementara berharga di kisaran Rp. 1.530.000.000,- (satu milyar lima ratus tiga puluh juta rupiah)

2. Tujuan program jangka panjang
Apabila tanah tersebut sudah dimiliki maka direncanakan akan dikembangkan kedepannya untuk :
a) Tempat pemotongan/menampung hewan qurban pada pada hari raya Adha dilaksanakan setiap tahun.
b) Pembangunan bangunan/ruang kelas pendidikan mulai jenjang Raudatul Athfal , Madrasah Diniyah, Tsanawiyah, dan ’Aliyah.
c) Pembangunan ruang asrama dan fasilitas penunjang untuk pesantren.
d) Tempat penyelenggaraan sholat Idul Fitri dan Idul Adha, yang selama ini menggunakan fasilitas umum (Jalan Logam dan Jalan Timah).
Semuanya ini kami programkan semata-mata untuk menghidupkan syiar Islam, khususnya untuk masyarakat disekitarnya serta masyarakat kaum muslimin pada umumnya.
C. DASAR HUKUM
1. Al-Quran
2. Hadits
3. Yayasan Al-Hidayah didirikan berdasarkan notaris Leontine Anggasurya, S.H. tanggal 31 Juli 2007 Nomor : 78 pasal 5 ayat 1 s.d. 4.
4. Ilmu pengetahuan dan pemikiran merupakan unsur penting untuk membentuk sebuah pribadi yang benar-benar muslim. Islam mewajibkan pengkajian ilmu dan pengetahuan,karena dengan pengembangan wawasan ilmu agama dan wawasan  pengetahuan dapat menguatkan aqidah dan pemahaman bahwa Islam adalah agama yang baik dan benar.

D. SASARAN
1. Sasaran program jangka pendek ini, adalah dimilikinya tanah 1700 m2 (disamping masjid Al-Hidayah) dalam kurun waktu kurang lebih 2 (dua)  tahun
2. Sasaran program jangka panjang, adalah dibangunnya sarana dan pelengkap untuk kegiatan keagamaan di komplek masjid Al-Hidayah secara refresentatif dan memadai, untuk waktu 5(lima) tahun berikutnya setelah dimilikinya tanah.

E. SKETSA MASJID DAN LAHAN YANG AKAN DIKEMBANGKAN





F. OUT PUT KEGIATAN
Output yang diperoleh dari program pembebasan tanah tersebut adalah tersedianya lahan untuk pengembangan Masjid dan Madrasah Al-Hidayah secara bertahap, memiliki sarana penunjang yang refresentatif dan memadai.

G. MEKANISME PENCARIAN DANA
Pencarian dana ditempuh dengan cara pengumpulan sumbangan, infak, dsb :
1. Dengan langsung dikirim melalui rekening Pengembangan Masjid dan Madrasah Al-Hidayah :
a. Bank Muamalat Buah-batu Bandung, Nomor Rekening : 010.63793.41 An. H. Ikin Shodikin
b. Bank Mandiri Buah-batu Bandung, Nomor Rekening : 130.00.1101949.7 An. Drs. Chotib Qizwini
2. Dengan membeli saham tunai, masing-masing nominal untuk infaq`ukuran luas 1 m2 = Rp.  1.000.000,00
3. Dengan membeli lembar saham tunai satuan, dengan jumlah nominal sebesar Rp.10.000,00 s.d. Rp. 100.000,00 
Insya Allah, setiap transaksi akan dibuktikan tanda bukti dan ucapan terima kasih.

H. SUSUNAN KEPANITIAAN PENGEMBANGAN MASJID AL-HIDAYAH
Ketua
:
H. Ikin Shodikin
Sekretaris
:
H. Iman Atqiyya
Bendahara
:
H. Tatang M.
Tim Pembebas Tanah
:
H. Uyin Muhyi HS.

:
H. Mamat
Tim Pencari Dana
:
H. Irfan Hakim

:
H. Simpwee Soeharto, M.Sc

:
H. Tjutju Sudjana, B.Sc

:
H. Encep Suryana
Tim Publikasi
:
Drs. H. Chotib Qizwini

:
H. Eka Permana Habibillah

:
M. Tsabit Mujahid



PENUTUP
 
Demikian proposal ini kami buat, atas segala kekurangan dan keterbatasan yang ada pada kami mohon maaf, semoga Allah SWT selalu menyertai niat dan itikad baik serta menjadikannya kebaikan suatu investasi untuk bekal kelak di yaomil akhir.

Ya Tuhan kami, jadikanlah kami orang yang berserah diri kepada Mu dan anak cucu kami (juga) umat yang berserah diri kepada Mu dan tunjukanlah kepada kami cara-cara melakukan ibadah kami,dan terimalah tobat kami,sungguh, engkaulah yang maha penerima tobat maha penyayang.


Jazaakumulaahu khairon katsiraan.



Bandung, Februari 2011

PANITIA PENGEMBANGAN
MASJID DAN MADRASAH AL-HIDAYAH



                Ketua                                                                                                        Sekretaris



         KH. Ikin Shodikin                                                                                  H. Iman Atqiyya



RENCANA ANGGARAN BIAYA (RAB)
PENGEMBANGAN MASJID AL-HIDAYAH

NO
URAIAN
VOLUME
HARGA SATUAN
JUMLAH HARGA
(Rp)
1.
Pembelian tanah
1700 m2
900.000
1.530.000.000
2.
Pembangunan ruang kelas
12 Lokal
50.000.000
600.000.000
3.
Pengembangan Masjid
3 Lokal
50.000.000
150.000.000
4.
Pengadaan sarana penunjang pendidikan
12 Lokal
30.000.000
360.000.000
Catatan : rincian secara detail akan kami buat, setelah program pembebasan tanah sudah terealisasi.


Contact Person : H. Eka Permana Habibillah (08122067559), Drs. H. Chotib Qizwini (08156032116), M. Tsabit Mujahid (081809406694).

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More